Wow! Ada Tips Wewujudkan Impian Jalan-Jalan

Jumat, 14 Maret 2014



perkampungan nelayan di Manado

Kamu pasti punya impian ingin jalan-jalan keberbagai tempat di Indonesia atau luar negeri? Simak tips wewujudkan impian jalan-jalan kamu dengan mudah. 
Saya sebagai penulis blog ini, pasti suka jalan-jalan juga. Dengan jalan-jalan saya jadi tahu tentang bahasa, budaya, sejarah dan kehidupan keseharian diluar wilayah tempat tinggal kita. Jalan-jalan di era sekarang ini sudah menjadi lifestyle. Lihat saja, betapa banyak acara di tv yang menayangkan khusus liputan jalan-jalan. Mulai dari wisata kuliner, jalan-jalan shopping, jalan-jalan budaya, jalan-jalan bersama artis, jalan-jalan bersama ustad, bahkan ada jalan-jalan melihat hantu. Karena memang lagi booming dikalangan ekonomi menengah atau dikalangan kaum ngehe :)
Suatu hari dalam perjalanan kerja ke Turki. Kebetulan saya satu pesawat dengan rombongan emak-emak dan bapak-bapak yang pergi Umroh Plus. Apa tuch plusnya? Ya, itu jalan-jalan ke Turki. Di negeri 2 benua ini. Orang Indonesia terkenal sekali. Bahkan guide jalan-jalannya bisa berbahasa Indonesia. Dan mereka ada yang berteriak-teriak menawarkan paket jalan-jalan dengan cara seperti ini, “Dari Indonesia?”
Melihat fenomena diatas. Jalan-jalan sudah seperti kebanggaan tersendiri. Ditunjang dengan media social yang semakin marak diera digital ini. Dokumentasi jalan-jalan bisa dengan mudah di upload di facebook, twitter, instagram dan pinterest. Lagi-lagi pasti kamu hanya bisa bergumam ngiri. Lalu bagaimana mewujudkan impian jalan-jalan ke berbagai tempat elok di Indonesia dan negara luar. 
Ada banyak cara jika mau mewujudkan impian bisa jalan-jalan bahkan gratis. Wah, mau doong. Gimana caranya? Kita bisa apply beasiswa ke negara tetangga atau bahkan Eropa. Ada banyak program beasiswa yang dipublikasikan dan terbuka untuk warga Indonesia dari negara luar. 
Peluang beasiswa untuk perempuan lebih banyak. Mungkin karena perempuan diasumsikan banyak yang ketinggalan dibidang ilmu pengetahuan. Makanya program beasiswa mereka banyak yang mengutamakan perempuan. Dengan apply beasiswa, baik itu program Sarjana, Master dan Doktor. Kesempatan mewujudkan impian jalan-jalan seperti menemukan chemistry nya. Selain program beasiswa serius. Ada banyak juga peluang untuk mengikuti short course saja. Misalnya belajar Bahasa Inggris di Amerika.
Lolos testing beasiswa. Bisa pergi dech. Melalui beasiswa selain kita bisa menambah pintar. Bonusnya adalah bisa menambah teman facebook dari berbagai negara. Juga jalan-jalan ke negara tetangga dengan murah. Jika kita sekolahnya di Eropa. Tidak menutup kemungkinan kita akan bertemu dengan teman-teman backpacker disana. Nah ini yang namanya mewujudkan impian menjadi pintar dan meraih impian jalan-jalan bersambut gayung. Ada peribahasa, “Sekali mendayung terlampaui dua atau tiga tujuan lain.” Kalau kita menabung. Tentu bisa terkejar jika penghasilan teman-teman tinggi. Namun jika hanya cukup untuk makan dan bayar kost saja. Pilihlah cara-cara kreatif, salah satunya dengan mencari peluang beasiswa dan apply langsung.
Tips keduanya adalah dengan bekerja di sebuah organisasi masyarakat sipil atau yang sering dikenal dengan sebutan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Mewujudkan impian jalan-jalan melalui ini juga bisa terwujud. Dunia LSM adalah dunia dimana networkingnya sangat luas. Kita bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar hutan hingga teman-teman di luar negeri. Menarik bukan? Kalau teman-teman ingin masuk dunia LSM. Jalan-jalan bisa diibaratkan bonus hasil kerja yang cukup menyita energi dan waktu. Biasanya teman-teman pekerja LSM, melakukan jalan-jalan setelah selesai meeting. 
Menjadi volunteer LSM. Kita akan kaya akan pengetahuan sosial, budaya, ekonomi, adat, lingkungan bahkan hingga politik. Jika beruntung. Kamu bisa pergi sekaligus kerja ketempat yang mempunyai pantai nan indah. Seperti mengunjungi pantai di Maluku Utara, Wisata Taman Bawah Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. Untuk menyisir pantai yang jarang dikunjungi di Manado, bisa keperkampungan nelayan. Disitu kita akan melihat kapal berderet dari atas tebing yang curam. 
Mendaki gunung untuk yang bergabung dengan kelompok pencinta alam bukan hal aneh. Tapi kita juga bisa melakukannya, jika kita bekerja di LSM Lingkungan. Pergi ke gunung-gunung dan hutan. Mencicipi digigit pacet bisa menjadi souvenir yang tak terlupakan. Ada banyak cara dan jalan mewujudkan impian backpacker teman-teman. Dua tips diatas hanyalah inspirasi saja buat teman-teman. 
Kamu suka artikel ini, share ya keteman-teman mu :)




2 komentar

  1. hihi... jadi aktivis = bonusnya jalan-jalan keliling dunia. gak salah juga sih. asal bukan dijadikan tujuan utama. dan cita-cita perubahan jadi tidak tercapai karena keasyikan jalan-jalan menghadiri 'meeting'.

    BalasHapus

 

MOST READING

Tweets..Tweets..Tweets