Belajar Bilang “F” Di Kampung Inggris Pare

Minggu, 18 Mei 2014


Image-Belajar- Bahasa -Inggris- Di- Kampung- Inggris- Pare

Belajar Bahasa Inggris di Pare itu menyenangkan. Kita bisa belajar bahasa sambil jalan-jalan. Disekitar Pare ada Goa, Candi, dan tentunya bisa menyusuri kampung dengan sepeda.

Tapi sebelum lanjut ceritanya Hihii…Tertawa dulu. Teringat bagaimana saya harus belajar berdarah-darah hanya untuk bilang ”F”. Saya ditakdirkan lahir dari keluarga sunda. Dan ternyata kalau bilang “F” itu jadi “P”. Hampir kebanyakan orang sunda udik seperti saya tidak bisa membedakan bilang F dan P. J


Tahun 2009 saya pergi ke Kampung Inggris Pare. Semangat juang 45 belajar bahasa bule. Biar bisa pergi jalan-jalan ke luar negeri. Nah, setelah di Pare dan cas cis cus ngobrol English, baru ketahuan dech. Kalau saya mengidap tidak bisa bilang “F”.

Untungnya guru-guru dan sahabat lainnya support sekali membantu saya bilang “F”. Sampai guru saya bilang, “Tolong Bantu Ms Tien untuk bilang’F” J Terimakasih untuk coach tercinta di EECC Kampung Inggris Pare. Dengan kesabaran mereka, saya bisa baca artikel Bahasa Inggris.

Saat saya pergi ke Pare. Saya tidak mempunyai kenalan, saudara, apalagi kekasih disana. Tapi satu tekad saya,”Ingin bisa ngobrol Bahasa Inggris dengan bule dan membaca berita luar negeri dari media luar sana”.

Teman-teman saya ada yang baru lulus SMP mau masuk SMA. Ada juga baru lulus SMA, dan banyak juga yang telah lulus kuliah kursus Bahasa Inggris dulu supaya mudah dapat job. J

Untuk bisa lancar ngomong Bahasa Inggris. Tentunya harus bisa membedakan bilang F dan P. Karena kalau salah pengucapan. Akan salah juga artinya. Contohny “Fashion” dan “Passion”. Ayoo..bagi yang belum bisa bilang F belajar. J

Satu bulan pertama di Pare. Fokus belajar saya itu bilang “F”. Tiap hari baca artikel yang banyak huruf “F” dan minta didengarkan teman saya. Kalau salah tolong dibantu hehheh….

Belajar di tempat saya kursus dari jam 7 pagi sampai 12 siang. Nah, pulang kursus saya bercermin hanya untuk bilang ”F” bukan bercermin liat bedak yang luntur karena keringat ya.

Ketekunan serta doa memang obat mujarab dari “Zero” to “Hero”. Lama-lama saya mulai lancar bilang “F” walau kadang keseleo lidah juga. Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare itu unik sekali. Dengan bangunan sederhana, fasilitas sederhana, tapi hasil luar biasa. Seminggu saja tinggal di Pare. Pasti sudah berani tuch bilang, “I Love You”.


sumber photo efifrog

2 komentar

  1. Menarik sekali..tampaknya sangat komprehensif sekali pengajaran di Pare ya mbak? :)

    BalasHapus
  2. Iya mas Efenerr, menurut saya bagus sistem pengajarannya, murid-muridnya pada cepet bisa cas cis cuss :)

    BalasHapus

 

MOST READING

Tweets..Tweets..Tweets